Status dan Situasi Penyakit

Status dan Situasi Penyakit Hewan Menular

Peta status dan situasi penyakit hewan dibuat berdasarkan:

  1. Data dari Dinas Provinsi yang mengirimkan konfirmasi kasus Semester I (Januari s/d Juni)  dan konfirmasi kasus Semester II (Juli s/d Desember)
  2. Data pengujian sampel yang dilakukan oleh Balai Besar Veteriner dan Balai Veteriner seluruh Indonesia;
  3. Data laporan Sindrom Prioritas yang dikirimkan oleh petugas melalui ISIKHNAS;
  4. Data laporan Tanda Umum yang dikirimkan oleh petugas melalui ISIKHNAS.
  5. Data laporan Penerbitan Surat Keterangan Kesehatan Hewan yang dikirimkan oleh petugas melalui ISIKHNAS.

 

Peta Status

Peta status dibuat berdasarkan Surat keputusan Menteri Pertanian dan/atau Surat Keputusan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan tentang status bebas suatu daerah sampai dengan Desember 2018.

“Daerah atau unit kompartemen yang telah ditetapkan bebas ini diberikan warna hijau pada peta.”

 

Peta Situasi

Terkait situasi penyakit, digunakan data konfirmasi kasus penyakit tahun 2018 yang dikirimkan oleh Dinas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi melalui Koordinator ISIKHNAS Provinsi. Untuk melengkapi situasi kasus penyakit tahun 2018 ditampilkan data yang ada di dalam Sistem Informasi Kesehatan Hewan terintegrasi (ISIKHNAS) yang menampilkan laporan dari petugas lapangan yang mendiagnosa penyakit tertentu, atau melaporkan gejala tertentu pada hewan.

Selain itu ditampilkan juga data hasil pengujian yang dilakukan oleh Balai Besar Veteriner dan Balai Veteriner. Hasil pengujian yang ditampilkan merupakan pengujian sampel hasil investigasi kasus dan surveilans deteksi dini penyakit hewan.

Warna merah menandakan daerah dengan konfirmasi positif. Jumlah Kasus disertakan apabila konfirmasi kasus tersebut dikirim oleh Dinas, sedangkan warna merah tanpa label menandakan tidak adanya konfirmasi dari Propinsi namun berdasarkan data Balai Veteriner  terdapat sampel positif dari daerah tersebut.”

 “Warna kuning menandakan adanya laporan kecurigaan yang dikirimkan oleh petugas lapang melalui ISIKHNAS, namun belum ada konfirmasi dari Dinas mengenai positif atau negatif nya laporan tersebut”

 Warna hijau menandakan daerah dengan konfirmasi negatif dan berdasarkan data Balai Veteriner  tidak terdapat sampel positif dari daerah tersebut.”

 “Warna putih menandakan bahwa di daerah tersebut tidak ada laporan kecurigaan kasus di ISIKHNAS serta tidak ada sampel positif di Balai, namun tidak ada konfirmasi dari Dinas Propinsi.”

 

Pemetaan menggunakan Quantum GIS dengan layer (lapisan) terbawah adalah data kecurigaan kejadian penyakit yang terekan di dalam ISIKHNAS, kemudian layer berikutnya adalah konfirmasi negatif dari Dinas, Data sampel positif yang ada di balai Veteriner dan layer teratas adalah konfirmasi positif kejadian penyakit yang dikirim oleh Provinsi.

Kurva Epidemik

Selain itu, untuk setiap penyakit juga ditampilkan grafik kasus penyakit perbulan dan rata-rata kasus di level Nasional maupun Propinsi.  Definisi kasus merujuk kepada definisi Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE) dimana kasus didefinisikan sebagai jumlah  individu hewan yang terinfeksi oleh agen patogen, dengan atau tanpa tanda klinis.

“an individual animal infected by a pathogenic agent, with or without clinical signs” (1)

Untuk memvisualisasikan besaran kasus ditampilkan jumlah kasus setiap bulan untuk masing masing penyakit. Rataan kasus perbulan ditampilkan untuk masing-masing penyakit yang didapat dari penghitungan jumlah kasus untuk masing-masing penyakit dibagi jumlah bulan. Untuk rataan kasus total jumlah bulan dimulai dari Januari 2017. Rataan kasus ini dapat digunakan untuk melihat dinamika kasus setiap tahunnya serta menetukan apakah kejadian pada bulan berjalan sudah melebihi rata-rata sehingga bisa menjadi awal peringatan dini.

“Ambang Batas Atas Kelaziman = Rataan kasus perbulan + (2 x Std Deviasi)”

Peta Lalulintas Hewan yang terkait penyakit juga ditampilkan untuk membantu menentukan risiko penyebaran penyakit dari satu propinsi ke propinsi lain. Data untuk peta lalu lintas ini didapatkan dari laporan SKKH yang masuk ke ISIKHNAS.

Peta status dan situasi penyakit 

 

Informasi selengkapnya bisa merujuk ke Buku Peta Status dan Situasi Penyakit.