Pelatihan Koordinator Kabupaten Lokasi Replikasi iSIKHNAS

0
221

Tangerang. Pelatihan koordinator 48 Kabupaten sebagai lokasi replikasi pelporan iSIKHNAS tengah diselenggarakan di Hotel Ara, Tangerang selama lima hari mulai tanggal 24-28 Oktober 2014. Kabupaten/kota lokasi replikasi berasal dari regional Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Para koordinator ini dibekali pengetahuan mengenai prinsip, proses, dan pemakaian pelaporan iSIKHNAS. Diharapkan para koordinator kabupaten tersebut dapat bekerjasama dengan koordinator propinsi dan regional, serta terutama mampu membantu para petugas dan pelapor yang menggunakan iSIKHNAS. Pelatihan ini mendapatkan dukungan penuh dari Program Australia Indonesia Partnership for Emerging Infectious Diseases (AIP – EID) Animal Health Program 2010 – 2014.

Anggota Tim Champion pengelola iSIKHNAS diperkenalkan oleh Kasubdit. Pengamatan Penyakit Hewan.

Pada kesempatan ini, pelatihan di Hotel Ara-Tangerang dibuka oleh drh. Muhammad Syibli, Kepala Subdit. Pengamatan Penyakit Hewan, Direktorat Kesehatan Hewan. Selain itu juga dihadiri Principle Veterinary Officer DAFF-AIPEID Program, Jonathan Happold yang memberikan penghargaan atas kehadiran koordinator dan mengharapkan sistem iSIKHNAS dapat diterapkan dan dimanfaatkan bagi kesehatan hewan di kabupaten/kota. Para koordinator dilatih cara menggunakan SMS sebagai pelaporan dan diwajibkan membawa komputer jinjing atau laptop yang akan digunakan dalam priktik mengakses data pelaporan lapangan yang dikirimkan melalui SMS ke dalam sistem iSIKHNAS. Sistem iSIKHNAS juga diberikan fasilitas untuk menganalisa data secara sederhana sehingga pengguna/koordinator dapat menyajikan kepada pimpinan secara cepat. Manfaat sistem pelaporan iSIKHNAS telah dirasakan dan akan diterus direplikasi dikabupaten-kabupaten lainnya.

Peserta koordinator berlatih mempraktikkan penggunaan SMS pelaporan.

Pelatihan yang sama juga diselenggarakan untuk koordinator di wilayah timut. Peserta terdiri dari 4 orang koordinator kabupaten di Propinsi Sulawesi Selatan, 4 orang koordinator kabupaten di Sulawesi Barat, 2 orang koordinator kabupaten di NTT, dan 2 orang koordinator kabupaten di NTB. Pelatihan diselenggarakan bertempat di Hotel Santika, Makassar.

Para fasilitator dan para koordinator pelatihan regional wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, NTT, dan NTB berfoto bersama.

Fasilitator pelatihan di Makassar memandu jalannya diskusi.

Para koordinator wilayah timur berdiskusi menyelesaikan soal latihan.

[DKN_2014]

LEAVE A REPLY