Pertemuan Refreshing Tim Gerak Cepat (TGC) di Provinsi NTT

0
471

Kupang. Mulai tanggal 7 hingga 12 Desember 2014 sedang dilakukan pertemuan untuk menyegarkan petugas Tim Gerak Cepat (TGC) kabupaten dan kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Bertempat di Kota Kupang, pertemuan diperuntukkan bagi petugas lintas sektor antar kesehatan masyarakat dan kesehatan hewan dalam kerangka “One Health”. Dihadir oleh lebih dari 100 orang peserta, dimana dari masing-masing kabupaten/kota terdiri dari 5 orang dari rumah sakit, laboratorium, puskesmas, dinas kesehatan, puskeswan, atau dinas peternakan/kesehatan hewan.

Kegiatan yang didukung WHO ini dibuka oleh Kepala Bidang Dinas Kesehatan Provinsi NTT dan didampingi jajaran Kementerian Kesehatan dan Karantina Kesehatan Pelabuhan. Proses pembelajaran dilakukan dengan pemberian materi oleh narasumber yang diselingi dengan praktik dalam kelas dan selanjutnya dihari terakhir dilakukan praktik penyelidikan epidemiologi (PE) lapangan yang difasilitasi oleh fasilitator. Narasumber berasal dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, RSPI Sulianti Saroso, WHO, RSU Prof. Dr. WZ. Johanes Provinsi Kupang, dan Dinas Kesehatan Provinsi NTT.

Materi yang dirasa sangat baru oleh peserta adalah mengenai penyakit Ebola hingga penanganan pasien Ebola. Materi narasumber kesehatan hewan yang diberikan adalah Kebijakan Strategi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS)/Zoonosis pada Hewan dan Jejaring Unit Reaksi Cepat (URC) dan Tim Gerak Cepat (TGC).

[DKN]

LEAVE A REPLY