Prosiding Penyidikan Penyakit Hewan 2020

0
167

Rapat Teknis dan Pertemuan Ilmiah Kesehatan Hewan (RATEKPIL) dan Surveilans merupakan agenda tahunan dari Direktorat Kesehatan Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian. Pada kesempatan tahun 2020 ini, RATEKPIL dilaksanakan secara virtual pada tanggal 24 November 2020.whatsapp-image-2020-12-22-at-8-59-40-am-1

Rapat Teknis dan Pertemuan Ilmiah Kesehatan Hewan (RATEKPIL) dan Surveilans adalah pertemuan ilmiah bagi petugas instansi pemerintah di bidang kesehatan hewan baik di pusat, dinas maupun unit pelaksana teknis di pusat dan daerah, yang telah secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Pertemuan ini merupakan forum bagi para petugas instansi pemerintah untuk mendiskusikan hasil kerja, review makalah, penelitian, dan penyidikan di bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner sehingga dapat bermanfaat bagi peserta pertemuan.

Pada RATEKPIL dan Surveilans tahun 2020 ini makalah dikelompokkan dalam beberapa topik yaitu 1) surveilans dan investigasi penyakit hewan, 2) Pengembangan/penelitian terapan metode pengujian penyakit hewan atau obat, 3) Resistensi Antimikroba, 4) analisis risiko, 5) penanganan penyakit zoonotik, 6) analisis ekonomi veteriner dan analisis kebijakan, 7) pengetahuan, sikap dan praktik dalam pengendalian penyakit hewan dan 8) Analisis dan Pengembangan Produksi Peternakan.

Sebanyak 121 abstrak diterima oleh Panitia kemudian diseleksi oleh Tim penilai yaitu:

  1. Drh. Anak Agung Gde Putra, M.Sc, Ph.D, SH, (Asosiasi Epidemiologi Veteriner Indonesia)
  2. Prof. Dr. Drh. Setyawan Budiharta (Asosiasi Epidemiologi Veteriner Indonesia)
  3. Dr. Drh. Agus Wiyono (BBALITVET)
  4. Dr. Ir. Etih Sudarnika, M.Si (Fakultas Kedokteran Hewan IPB)
  5. Dr. Drh. Widagdo Sri Nugroho (Fakultas Kedokteran Hewan UGM)
  6. Drh. Hendra Wibawa, Ph.D (BBVET Wates)
  7. Drh. Yuni Yupiana, M.Sc, Ph.D (Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan)
  8. Drh. Pebi Purwo Suseno, (Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan)
  9. Drh. Putu Ayu Madri Dewi (FAO ECTAD Indonesia)

Metode seleksi yang digunakan adalah blind selection method dimana Tim Penilai hanya mendapat informasi judul abstrak, batang tubuh abstrak dan nomor abstrak tanpa mengetahui penulisnya. Setiap abstrak dinilai oleh semua tim penilai menggunakan form online yang telah disediakan oleh Panitia.

Kriteria penilaian abstrak yang digunakan adalah kontribusi terhadap pencegahan dan pengendalian penyakit hewan, kualitas penulisan, relevansi kajian terhadap bidang peternakan dan kesehatan hewan serta orisinalitas tulisan meliputi topik pembahasan, data dan analisis dalam karya ilmiah, serta ada tidaknya publikasi dengan topik tersebut. Dari hasil penilaian Tim, Panitia mengurutkan Peringkat nilai dari setiap abstrak. Panitia juga memperhatikan aspek keterwakilan dan proporsi dalam menentukan peringkat abstrak.

Pada pertemuan tahun ini dipilih 5 makalah terbaik yang dipresentasikan pada pertemuan virtual RATEKPIL dan sebanyak 69 makalah disajikan dalam bentuk Poster dan dipublikasi pada website direktorat kesehatan hewan dapat dilihat di sini.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap antusias keikutsertaan peserta dalam Rapat Teknis dan Pertemuan Ilmiah Kesehatan Hewan (RATEKPIL) dan Surveilans tahun 2020 ini, makalah didokumentasikan dalam Prosiding Penyidikan Penyakit Hewan. Dengan diterbitkannya prosiding ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan informasi kesehatan hewan terkini serta memberikan ide dan solusi kendala pelayanan kesehatan hewan di lapangan, sehingga dapat ditindaklanjuti sebagai bahan pengambilan kebijakan bagi sistem kesehatan hewan nasional dan memantapkan kegiatan pembangunan peternakan dan
kesehatan hewan di Indonesia. (red)

Download Buku Prosiding Penyidikan Penyakit Hewan 2020

LEAVE A REPLY