Hari Satwa Sedunia

0
36

Jakarta — Hari Satwa Sedunia diperingati pada tanggal 4 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran hewan bagi manusia.

Sebagaimana rantai makanan diciptakan, hewan menjadi salah satu rantai pangan yang penting bagi manusia. Saat ini, tingginya populasi masyarakat dan perkembangan teknologi, telah menggeser habitat alami hewan, bahkan merusaknya. Pemanfaatan hewan secara masif sebagai bahan pangan, tanpa disadari telah banyak melanggar kesejahteraan hidup hewan.

Pemerintah Indonesia sudah sejak lama mengatur perlindungan terhadap hewan, melalui sejumlah regulasi, di antaranya adalah Pasal 302 KUHP tentang Perlindungan Hewan, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 j.o Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, serta peraturan perundangan turunannya.

Melalui perayaan Hari Satwa Sedunia, Direktorat Kesehatan Hewan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap hewan di sekitar lingkungan, serta memperhatikan kesejahteraannya. Hal ini dapat dimulai dengan tindakan sederhana, seperti menanamkan rasa sayang hewan kepada anak-anak sejak dini.

Masyarakat juga dapat meningkatkan kepedulian terhadap hewan, dengan cara menggunakan produk yang tidak menggunakan hewan coba atau ikut melestarikan habitat alami hewan dengan tidak mencemari lingkungan.

Mari sayangi hewan, karena bila hewan sejahtera dan sehat, maka masyarakat pun ikut sejahtera.

Selamat Hari Satwa Sedunia.

LEAVE A REPLY