Hari Satwa Sedunia

0
71

Peringatan Hari Satwa Sedunia jatuh pada tanggal 4 Oktober. Para pecinta satwa memperingati hari ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan hidup hewan. Dewasa ini, keberadaan satwa sebagai bagian dari kehidupan masyakat semakin berkembang. Satwa atau hewan tidak lagi terbatas sebagai hewan produksi yang diambil manfaatnya bagi manusia, namun menjadi bagian dari keseharian.

Sayangnya, semakin berkembangnya penggunaan hewan dalam kehidupan masyarakat, tidak serta merta diikuti dengan pemahaman tentang kesejahteraan hidupnya. Eksploitasi dan perlakuan yang tidak manusiawi seringkali ditemukan dalam praktik pemeliharaan hewan. Padahal, sejatinya untuk mendapatkan hasil produksi yang maksimal, hewan harus diperlakukan dengan baik.

Prinsip dasar kesejahteraan hewan dikenal melalui konsep “Five Freedom”, yaitu bebas rasa lapar dan haus, ketidaknyamanan, rasa sakit/penyakit, takut dan stress, serta bebas mengekspresikan perilaku alaminya. Pemerintah pun menganggap isu kesejahteraan hewan perlu diatur sebagai salah satu bentuk perlindungan terhadap hewan dan manusia. Setiap orang dituntut menerapkan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan dalam memelihara hewan, sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan.

 

LEAVE A REPLY