PERCEPATAN PEMBENTUKAN OTORITAS VETERINER

0
286

Bogor – Pembentukan kelembagaan Otoritas Veteriner dan pengangkatan Pejabat Otoritas Veteriner di tingkat pusat dan daerah, diamanatkan melalui Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2017. Peraturan turunan yang mengatur secara rinci terdapat dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 08 Tahun 2019 tentang Otoritas Veteriner dan Dokter Hewan Berwenang. Namun demikian, beragamnya nomenklatur dinas dan ketersediaan SDM dokter hewan di daerah menyebabkan terjadinya pergeseran fungsi Kesehatan Hewan sehingga tidak memenuhi persyaratan Otoritas Veteriner.

Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan sosialisasi guna percepatan pembentukan Otoritas Veteriner di daerah, pada tanggal 26 – 27 September 2019 bertempat di Hotel Sahira Butik Bogor. Rapat dihadiri oleh perwakilan Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provins, serta perwakilan Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan dari 34 provinsi.

Selain penjelasan tentang pembentukan kelembagaan Otovet dan pengangkatan Pejabat Otovet, dalam pertemuan juga dipaparkan secara rinci pengaturan kewenangan dinas provinsi dan kabupaten terkait Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2019 dan Permendagri Nomor 101 Tahun 2018 terkait pencegahan dan penanggulangan penyakit hewan yang berpotensi menyebabkan wabah.

 

Lebih lengkap, rumusan dan materi rapat dapat di unduh di sini

LEAVE A REPLY