Pengendalian HPAI di Kota Tangerang

0
254

Penyakit Avian Influenza (HPAI) merupakan penyakit yang bersifat zoonosis, yaitu menular dari hewan ke manusia. Gejala klinis yang muncul di unggas adalah unggas lemas, dan mati mendadak. Beberapa hari ini dilaporkan terjadi peningkatan kasus HPAI di Kota Tangerang.

Sebagai upaya dalam pengendalian HPAI dan mencegah penyebaran lebih luas, maka Dinas Ketahanan Pangan melakukan kegiatan sosialisasi, desinfeksi dan culling terhadap unggas yang sakit. Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dilakukan terhadap masyarakat, sehingga masyarakat lebih aware terhadap virus ini. Desinfeksi dilakukan oleh petugas dias Ketahanan Pangan di kandang-kandang penduduk, selain itu juga dilakukan uji cepat menggunakan RAT terhadap unggas yang sakit dan bangkai unggas. Untuk lebih meneguhkan diagnosa HPAi makan diambil sampel darah, swab dan kloaka yang dikirim ke laboratorium BVet Subang.

Sosialiasasi dilakukan terhadap masyarakat, jika masyarakat menemukan unggasnya yang mati mendadak maka mereka harus melaporkan ke RT atau kader atau dinas ketahanan pangan untuk bisa dilakukan tindak lanjut.

foto-culling-ai ayam-sakit spraying-2  persiapan-culling

LEAVE A REPLY