EDFZ Siap Dukung Suksesnya Equestrian pada 18th Asian Games Jakarta Palembang 2018

0
587

Zona Bebas Penyakit Kuda (EDFZ) siap dukung suksesnya Equestrian pada 18th Asian Games Jakarta Palembang 2018.

Equestrian merupakan cabang olah raga yang unik dalam multi-sport event seperti Asian Games, karena melibatkan kuda bersama penunggangnya sebagai atlet. Dan uniknya lagi, walaupun peserta Asian Games adalah negara-negara Asia, namun dengan berbagai alasan (terutama kemudahan untuk mengikuti kompetisi bergengsi tingkat dunia) sebagian besar kuda yang akan bertanding tinggal di dan ber-passport Uni Eropa. Seperti Kawan Keswan ketahui, persyaratan masuk kuda ke Uni Eropa sangat ketat. Kuda ber-passport Uni Eropa yang bertanding di luar Eropa tidak begitu saja boleh langsung kembali pulang ke negara asalnya di Eropa. Artinya, pemilik kuda hanya akan mau bertanding di Asian Games bila ada jaminan kudanya dapat langsung kembali ke Eropa setelah bertanding.

Sebagai dukungan suksesnya 18th Asian Games Jakarta thumbnailPalembang 2018, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 15 Februari 2018 menetapkan zona bebas penyakit kuda/ Equine Disease Free Zone (EDFZ) di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Serangkaian surveilans dan pengujian laboratorium penyakit kuda dilaksanakan oleh Tim yang terdiri dari Balai Veteriner Subang, Balai Besar Penelitian Veteriner Bblitvet Bblitvet dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta dalam setahun terakhir. Berbagai perbaikan dalam sistem kesehatan hewan juga dilakukan untuk memenuhi standar Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE) dan Uni Eropa.

Direktur Jenderal Peternakan dan thumbnail-1Kesehatan Hewan pada 20 Desember 2017 mengajukan kepada Uni Eropa permohonan pengakuan zona bebas penyakit kuda sesuai prinsip regionalisasi penyakit hewan. Pada tanggal 26 Maret 2018, Uni Eropa menerbitkan Commission Implementing Decision (EU) 2018/518 mengakui zona bebas penyakit kuda (EDFZ) yang terdiri dari Jakarta Equestrian Park Pulomas sebagai zona inti dan wilayah Provinsi DKI Jakarta (kecuali Kepulauan Seribu) sebagai zona surveilans dan wilayah BODETABEK sebagai zona penyanggah. Pengakuan Uni Eropa tersebut memungkinkan kuda ber-passport Uni Eropa yang bertanding di Asian Games di Jakarta Equestrian Park Pulomas dapat langsung kembali ke Uni Eropa dalam masa 10 Agustus 2018 hingga 10 September 2018. Dalam masa itu status kesehatan hewan di Zona Bebas Penyakit Kuda dianggap setara dengan Uni Eropa

Indonesia melalui Badan Karantina Pertanian juga telah siap untuk mengawasi dan mensertifikasi kesehatan kuda sebagai penjaminaan kesehatan hewan agar kuda dapat langsung kembali ke negara asal setelah bertanding.

Yuk Dukung Asian Games 2018!

#Bekerja
#AsianGamesKita

LEAVE A REPLY